Sore itu gw pulang dari kantor jam 4.30, sama kayak hari-hari sebelumnya. Keluar dr parkiran motor, motor gw berasa aneh pas dinaikin, waktu gw cek ternyata ban depan bocor lagi. Untung di depan komplek Rukan Sudirman Park (kebetulan kantor gw disini) ada tukang tambal ban. Beruntung ban masih gak terlalu bocor jadi dr kantor ke tukang tambal ban motor gak perlu gw tuntun.

Setelah 10-15 menit akhirnya ban motor gw selesai ditambal. Padahal baru 2 minggu yang lalu ban depan ini bocor dan gw tambal. Sepertinga tukang tambal yang tempat gw nambal dulu gak okeh. Jadi nyesel gw nambal disitu. Yah emang lagi belum rejeki kali gw.

Selesai di tambal dan bayar ama abang2nya. Gw langsung cabut. Puter balik di depan sudirman citywalk dan lurus menuju arah pejompongan. Tapi dr jauh di perempatan dibawah flyover kyai h. mas mansyur jalanan udah terlihat macet. Emang daerah situ kalo jam pulang kantor macetnya minta ampun. Gw akhirnya motong jalan, masuk ke jalan kampung Jl. Karet Pasar Baru Barat 1

captured from google maps

gw emang biasa lewat jalan ini kalo jalanan di depan udah mulai kelihatan macet. Gw lewati jalan itu seperti hari-hari yang lain. Sampi akhirnya gw sampe di sebuah belokan sempit yang disitu biasanya banyak remaja laki-laki penghuni kampung situ yang duduk bergerombol dan biasanya satu ato dua orang berdiri memegang keranjang meminta sumbangan, katanya sih upah karena mereka membantu mengurangi kemacetan dan mengatur jalan.

Keanehan muncul gak jauh dr belokan sempit ini. Dari jauh keliatan 2 cewek kecil imut pushing each other while giggling and showing their little teeth, how cute. Tapi pas gw ngelewatin mereka suddenly they both raised their little hand dan bicara sambil menahan ketawa kecil mereka

"pak minta uang pak"

sumpah gw kaget bukan main. Kalo gw liat dr penampilan mereka, mereka bukan anak jalanan atau anak gak mampu. Mereka bersih, bahkan mereka terlihat baru selesai mandi. Baju yang mereka pakai juga bersih dan rapi. Yang satu pake kaos dan celana pendek berwarna coklat, yang satu lagi pakai dress berwarna dasar putih dengan pola bunga.

Gw gak habis pikir, apa yang diajarin ama orang tua mereka di rumah. Dari mana mereka bisa melakukan hal seperti itu. Iseng kah, atau emang udah jadi kebiasaan di kampung itu karena banyak remaja laki-lakinya yang berprofesi sebagai "pak ogah"

Kalau ngeliat yang begini ini neh, gw jadi mikir lagi. Berguna ato enggak sih ada "pak ogah" dijalanan? Mereka sebenernya membantu mengurangi kemacetan ato cuma nunggu dapet duit dan gak jauh beda kayak pengemis?

How do you think?

Leave a Reply